Langsung ke konten utama

APA ITU GAME AAA atau TRIPLE A

       





Game AAA atau Triple-A adalah video game yang diproduksi atau dikembangkan oleh perusahaan besar, dengan alokasi anggaran yang besar baik untuk pengembangan maupun pemasaran.

Istilah ini bukan klasifikasi resmi tetapi secara umum, ‘game triple-A’ setara dengan istilah ‘film blockbuster’ dalam sinema.

Istilah ini muncul pada tahun 90-an dan sejak itu telah dimasukkan ke dalam bahasa gaul gamer.

Ada ribuan game yang dirilis dalam beberapa dekade terakhir, dan banyak di antaranya yang digandrungi oleh banyak gamer. Ada game yang mencapai pencapaian besar dari segi penjualan dan rating, dan ada juga yang dianggap gagal karena tak banyak gamer yang menyukainya.

Apakah game lain disebut sebagai game AA, A, B?

Beberapa orang menyebut game sebagai AAA, AA, A, atau B, atau bahkan C dan seterusnya. Tetapi sebenarnya tidak ada standar untuk ini dan sebagian besar hanya tergantung pada preferensi pribadi.

Sebagian besar gamer biasanya menyebut game beranggaran besar sebagai “triple A” tetapi tidak mengklasifikasikan game non-AAA lebih jauh.

Apa saja game AAA yang paling sukses?


Salah satu alasan utama mengapa masih belum ada pedoman dalam mengkategorikan game sebagai AAA atau non-AAA adalah karena game terus berinovasi, dan apa yang dianggap AAA tahun ini mungkin bukan AAA lagi dalam beberapa tahun ke depan.

Contohnya adalah Counter-Strike dan Half-Life yang dianggap AAA selama masa mereka di akhir 90-an dan dalam beberapa tahun pertama milenium ke-2. Counter-Strike: Global Offensive (CS terbaru) tak ada dalam daftar game AAA bahkan ketika pertama kali dirilis beberapa tahun yang lalu.

Pada 2018, berikut adalah beberapa game AAA tiga kali lipat paling sukses berdasarkan total pendapatan mereka:

  • FIFA 18 (Electronic Arts) – $790 juta
  • Grand Theft Auto V (Take-Two Interactive) – $628 juta
  • Red Dead Redemption 2 (Take-Two Interactive) – $516 juta
  • Monster Hunter: World (Capcom) – $467 juta
  • Rainbow Six Siege Tom Clancy (Ubisoft) – $440 juta

Ada lebih banyak game yang benar-benar menghasilkan lebih dari apa yang diperoleh game-game ini dalam daftar, tetapi mereka tidak dianggap sebagai game triple-A terutama karena pengembang/penerbit tidak memiliki anggaran yang besar. Beberapa game non-AAA yang benar-benar menghasilkan keuntungan adalah:

  • Fortnite (Epic Games) – $2,4 miliar
  • PlayerUnknown’s Battlegrounds (Bluehole) – $1,028 miliar
  • Dungeon Fighter Online (Nexon) – $1,5 miliar
  • League of Legends (Riot Games, Tencent) – ​​$1,4 miliar
  • Pokemon GO (Niantic) – $1,3 miliar
  • Crossfire (Neowiz Games) – $1,3 miliar

Apakah Triple A Games Menjamin Kualitas?

Pengembang akan selalu berusaha untuk menjamin kualitas judul triple-A mereka. Mereka menghabiskan banyak uang, tenaga, dan waktu untuk membuatnya sehingga mereka akan selalu melakukan apa yang mereka bisa untuk membuatnya sukses. Namun, hal ini tidak selalu terjadi saat game dikirimkan ke konsumen.

Ada beberapa game triple-A yang tidak berakhir dengan baik hanya karena pengguna tidak menyukainya. Jadi ini adalah kasus per kasus, dan gamer biasanya akan mendasarkan kegagalan pada keseluruhan gameplay dan alur cerita game.

Terkadang pengembang terlalu fokus pada kualitas grafis sehingga mereka akhirnya mengendur pada mekanisme gameplay dan alur cerita, membuat game gagal dalam hal kualitas keseluruhan.

Apakah Ada Game AAA yang Gagal?


Terkait informasi di atas, sebenarnya ada beberapa judul AAA yang flop total. Game-game ini dianggap gagal total, dan banyak kritikus dan pemain sama-sama mengejek pengembang yang menciptakan game-game ini.

Terkadang game menjadi terlalu bersemangat dan meskipun mungkin memiliki potensi untuk menjadi luar biasa, mereka meninggalkan gamer dengan kekecewaan total karena satu dan lain alasan.

Ada banyak alasan mengapa game bisa gagal total – game yang tidak lengkap yang membutuhkan DLC berbayar untuk membuatnya “lengkap”, transaksi mikro bayar-untuk-menang, bug dan gangguan, kurangnya cerita yang kohesif, dan banyak lagi.

Berikut adalah beberapa game yang gagal total di Metacritic.

  • Mass Effect: Andromeda – 71 meta score (skor pengguna 4.9)
  • Anthem – 59 meta score (skor pengguna 4.1)
  • Star Wars Battlefront II – 65 meta score (skor pengguna 1.1)
  • Fallout 76 – 52 skor meta (skor pengguna 2,7)
  • Duke Nukem Forever – 49 meta score (4,5 skor pengguna)
  • Street Fighter V – 74 skor meta (skor pengguna 3.1)
  • Battlefield 2042 – skor meta 63 (skor pengguna 2,6)

Tentu saja ada orang yang menikmati permainan yang disebutkan di atas, tetapi saya hanya harus memasukkannya karena jumlah ulasan negatif yang relatif tinggi.

Jika Anda ingin membaca pengalaman campuran saya dengan Battlefield 2042 dan mencari tahu mengapa saya tidak akan pernah memesan waralaba ini atau game lainnya, lihat posting saya di sini.

Berapa Anggaran Biasanya Untuk Game Triple A?

Mengembangkan video game bukanlah lelucon. Kamu perlu menyewa tim ahli yang berbeda untuk mengembangkan bagian penting dari permainan. Biasanya, satu tim akan ditunjuk untuk konten dan alur cerita, tim pemrograman yang akan menulis kode semua fitur dalam game yang diperlukan seperti fisika, rendering,dan masih banyak lagi.

Satu tim juga akan menangani kualitas grafis (termasuk aktor dan aktris) dan tim yang akan mengoptimalkannya tergantung pada platform game yang akan dirilis. Fitur audio juga penting dan tim QA yang akan menguji game untuk bug dan melaporkannya ke pengembang untuk diperbaiki.

Diperkirakan bahwa game triple AAA akan menelan biaya sekitar $60 juta USD atau lebih untuk dikembangkan, dan seperti yang Anda lihat, hanya distributor/pengembang besar yang pasti mampu membelinya. Distributor dan developer seperti Capcom, Ubisoft, Rockstar Games, Insomniac, Epic Games, dan masih banyak lagi dikenal mengembangkan game triple AAA modern.

Berikut adalah beberapa contoh anggaran:

  • Call of Duty: Modern Warfare 2 – $200 juta (produksi, pemasaran, dan peluncuran)
  • Battlefield 3 – $2,75 juta hanya untuk iklan Facebook
  • God of War III – $44 juta untuk pengembangan

Berapa Banyak Orang yang Biasanya Bekerja Pada Game Triple A?


Setiap distributor memiliki kumpulan pengembang mereka sendiri yang mengerjakan game tertentu. Bukan berarti jika Capcom menciptakan Monster Hunter World, mereka hanya mengerjakan Monster Hunter World selama jangka waktu tersebut.

Mereka memiliki tim yang berbeda yang mengerjakan permainan yang berbeda, dan setiap permainan memiliki sub-tim sendiri untuk mengerjakan tugas lain untuk mengembangkan permainan. Diperkirakan untuk setiap tim yang mengerjakan sebuah game, akan ada sekitar 50-200 karyawan dan 20% di antaranya adalah programmer.

Itu juga umum untuk game yang sukses untuk mendanai game lain yang dibuat oleh distributor yang sama, terlepas dari apakah game yang sukses adalah game triple AAA atau tidak. Juga sangat umum bagi distributor besar untuk memproduksi game AAA dan game non-AAA secara bersamaan. Seperti dalam kasus Capcom; mereka telah merilis Monster Hunter WorldDevil May Cry 5, dan Resident Evil 2: Remake – semuanya adalah game AAA tiga kali lipat.

Ada desas-desus bahwa Resident Evil 2: Remake dimungkinkan karena Monster Hunter World sukses sehingga dapat mendanainya. Devil May Cry 5, bagaimanapun, tampaknya telah gagal mendapatkan keuntungan dan hanya terjual 2 juta kopi sejauh ini. Monster Hunter World telah terjual 12 juta kopi dan menghasilkan Capcom sekitar $467 juta USD.

Perhatikan bahwa terlepas dari keuntungan besar ini, Capcom juga mendapatkan keuntungan besar dari judul non-AAA mereka seperti Megaman 11 di latar belakang. Capcom pada laporan 2018 mereka mengungkapkan bahwa perusahaan mereka memiliki total sekitar 2.000 karyawan, dan distributor lain juga memiliki jumlah karyawan yang hampir sama.

Berapa Lama Untuk Menyelesaikan Game AAA?

Mengetahui jumlah rata-rata karyawan yang bekerja untuk penerbit game besar mungkin memberi Anda kesalahpahaman bahwa game triple-A dapat dikembangkan dalam hitungan hari. Sayangnya ini tidak benar-benar terjadi. Meskipun memiliki rata-rata 50 hingga 200 orang yang bekerja untuk satu judul AAA, masih akan memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk mengembangkan proyek semacam itu tergantung pada genre dan skala permainan.

Diperkirakan bahwa judul non-triple-A dengan reputasi kuat di industri game membutuhkan waktu sekitar 3-6 bulan untuk dikembangkan, tetapi jumlah rata-rata judul triple-A yang dirilis dalam beberapa tahun terakhir membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 tahun.

Itu sepertinya waktu yang lama dan saya yakin kamu telah melihat banyak pengeluh online yang mengeluh tentang mengapa butuh begitu banyak waktu untuk merilis gelar triple-A favorit mereka. Nah, sebagian besar karyawan yang mengerjakan sebuah game yang sedang berkembang, apakah dia seorang tester atau programmer, biasanya bekerja lebih dari 8 jam sehari, terutama di Jepang.

Beberapa penguji game yang bekerja di Jepang akan menghabiskan 16 jam sehari untuk menguji game yang sama berulang kali untuk mencari bug. Terlepas dari kerja keras mereka, beberapa bug masih lolos saat rilis game.

Informasi ini akan memberi kita gambaran tentang betapa sulitnya mengembangkan game. Meskipun 2-3 tahun tampaknya murah hati, beberapa genre game bahkan membutuhkan waktu lebih dari 6 tahun untuk berkembang. God of War (2018), misalnya, membutuhkan waktu sekitar 4 tahun untuk menyelesaikannya.

Mengetahui jumlah rata-rata karyawan yang bekerja untuk penerbit game besar mungkin memberi Anda kesalahpahaman bahwa game triple-A dapat dikembangkan dalam hitungan hari. Sayangnya ini tidak benar-benar terjadi. Meskipun memiliki rata-rata 50 hingga 200 orang yang bekerja untuk satu judul AAA, masih akan memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk mengembangkan proyek semacam itu tergantung pada genre dan skala permainan.

Diperkirakan bahwa judul non-triple-A dengan reputasi kuat di industri game membutuhkan waktu sekitar 3-6 bulan untuk dikembangkan, tetapi jumlah rata-rata judul triple-A yang dirilis dalam beberapa tahun terakhir membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 tahun.

Itu sepertinya waktu yang lama dan saya yakin kamu telah melihat banyak pengeluh online yang mengeluh tentang mengapa butuh begitu banyak waktu untuk merilis gelar triple-A favorit mereka. Nah, sebagian besar karyawan yang mengerjakan sebuah game yang sedang berkembang, apakah dia seorang tester atau programmer, biasanya bekerja lebih dari 8 jam sehari, terutama di Jepang.

Beberapa penguji game yang bekerja di Jepang akan menghabiskan 16 jam sehari untuk menguji game yang sama berulang kali untuk mencari bug. Terlepas dari kerja keras mereka, beberapa bug masih lolos saat rilis game.

Informasi ini akan memberi kita gambaran tentang betapa sulitnya mengembangkan game. Meskipun 2-3 tahun tampaknya murah hati, beberapa genre game bahkan membutuhkan waktu lebih dari 6 tahun untuk berkembang. God of War (2018), misalnya, membutuhkan waktu sekitar 4 tahun untuk menyelesaikannya.

Meski sangat menginspirasi untuk melihat penghasilan dari gelar triple-A yang kita mainkan, sebenarnya ada banyak kerugian yang mungkin timbul dalam mengembangkannya. Pekerjaan ini lebih merupakan perjudian, bertaruh tak hanya sejumlah besar uang, tetapi juga kerja keras dan waktu yang berharga.

Seperti yang disebutkan di atas, dibutuhkan waktu, dedikasi, kerja keras, dan sejumlah besar uang untuk mengembangkan judul AAA dan bahkan tak dapat memastikan apakah gamer di seluruh dunia akan menyukainya atau tidak.

Game triple-A juga sangat sulit untuk dioptimalkan terutama untuk PC. Inilah sebabnya mengapa beberapa game versi PC akan selalu terlambat karena mengoptimalkan game agar berjalan baik adalah pekerjaan yang sangat sulit. Judul AAA SANGAT menuntut perangkat keras, dan jujur ​​saja, komponen PC tidak sepenuhnya murah.

Jika pengguna bahkan tidak dapat mem-boot game karena komputer mereka tidak dapat menangani beban, maka tidak ada yang dapat memainkannya. Dengan itu, perlu memastikan bahwa gim akan berjalan pada rig rata-rata tetapi pada saat yang sama menjaga kualitasnya agar dapat dikategorikan sebagai judul AAA.

Kerugian lain yang perlu dilawan adalah risiko pembajakan dan pertempuran melawan penjahat dunia maya. Ya, semua pengembang di seluruh dunia berjuang melawan orang-orang ini untuk mengurangi atau menghilangkan risiko permainan mereka diretas atau dibajak (versi crack). Dan sayangnya, kebanyakan dari mereka selalu kalah.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Situs Download Game PC Gratis Terlengkap 2023

  Download game gratis PC sangat mudah dilakukan sekarang. Pasalnya, ada banyak sekali situs download game gratis terbaru terlengkap offline PC yang “menjajakan” beragam permainan secara cuma-cuma, baik yang original maupun game PC bajakan. Banyak banget situs download game gratis yang menyediakan permainan offline maupun online secara gratis yang pastinya sangat seru untuk dimainkan. Situs download yang legal tentu saja menjanjikan game original yang dipublikasi oleh developer resmi. Sementara situs download game bajakan memberikan game berbayar secara gratis dengan tambahan file berupa  crack . Situs download game tersebut tidak selamanya menawarkan download gratis game PC, namun ada kalanya terdapat game populer yang diberikan secara gratis kepada pengguna. Berikut daftar stitus download game terbaru gratis dan terlengkap yang Giibasecamp rekomendasikan. 1. Steam “Lord Gaben”. Tentu Anda pernah mendengar kata-kata tersebut di meme 9gag, 1cak, dan lainnya? Lord Gaben atau Gabe Newell

Jenis Jenis Musik Yang Ada Di Indonesia

Musik merupakan hal yang penting pada kehidupan sehari-hari. Kehadiran musik membuat orang terhibur atau bisa juga dijadikan sebagai penyampai perasaan seseorang. Jenis-jenis musik di Indonesia sendiri ada beragam. Ada genre musik yang cukup populer di tanah air, apa saja itu? 1. Pop Jenis-jenis musik di Indonesia memang sangat banyak. Mengingat budaya di tanah air sendiri ada banyak pula. Namun yang paling populer hanya ada beberapa saja. Pertama adalah jenis musik Pop. Musik ini muncul di tahun 1950an. Musik pop ini memiliki ciri khas eklektik dan sering meminjam beberapa style dari jenis musik lain seperti dance, rock, dan country.Genre pop merupakan musik yang paling banyak diminati semua kalangan karena memang lebih enak didengar dan termasuk genre komersial. 2. Rock Ini merupakan salah satu aliran atau jenis-jenis musik di Indonesia yang cukup populer. Aliran musik yang satu ini muncul di pertengahan tahun 50-an. Musik ini mengambil style dari beberapa aliran musik lain seperti c

Pengertian CHORD musik

APA ITU CHORD? Chord adalah kumpulan nada/not yang membentuk suatu rangkaian. Fungsi chord itu sendiri ialah untuk mengiringi suatu melodi, baik melodi dari permainan gitar ataupun melodi yang keluar dari mulut orang ketika bernyanyi. Chord dasar yang banyak dipakai orang ketika memainkan gitar adalah chord mayor dan minor. Berikut jenis-jenis chord dasar dalam gitar : Major Chord Minor Chord Augmented Chord Diminished Chord Adapun rumus chord seperti : Opertone Chord Major dan Minor Undertone Chord Major dan Minor Yuk Mengenal Akord dalam Musik Di dalam dunia musik kalian akan sering menemui akord. Ia menjadi bagian tidak terpisahkan dari sebuah komposisi musik yang dimainkan. Apa yang dimaksud dengan akord? Apakah ada jenis-jenisnya dan lain-lain? Bagi kamu yang sedang mendalami musik ada baiknya kamu simak artikel ini. Semoga setelah membacanya, motivasi dan pengetahuan kamu mengenai musik akan bertambah. Let’s check it out! Pengertian Akord Akord adalah susunan nada yang terdiri da